NASA Kembangkan Kapsul Ulang-Alik untuk Eksplorasi Low-Orbit

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) seakan kembali ke masa lalu dengan mengembangkan kapsul antariksa yang dapat membawa manusia ke luar angkasa. Wahana luar angkasa yang dinamai MPCV (Multi-Purpose Crew Vehicle) akan dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal AS, Lockheed Martin.

“Kami berkomitmen soal eksplorasi manusia ke orbit-bawah Bumi (low-orbit, orbit dengan diameter hingga ketinggian 2000 kilometer) dan akan mengembangkan generasi baru dari sebuah sistem yang akan membawa kita ke sana,” kata Kepala NASA Charles Bolden, seperti dikutip dari laman CNN.

Multi-Purpose Crew Vehicle

NASA mengatakan astronot belum akan mencoba wahana ini hingga tahun 2016. Sejumlah astronot memang tidak lagi dikirim ke bawah-orbit Bumi sejak program Apollo, tahun ’70-an.

“Kami harap bisa mencoba meluncurkan kapsul di dekade ini. Kami belum yakin kapan pastinya, tapi akan secepat mungkin,” kata Associate Administrator NASA untuk Misi Sistem Eksplorasi, Douglas Cooke.

Seperti Apollo usai mendaratkan 12 orang di bulan, wahana ulang-alik MPCV akan mendarat di Samudera Pasifik setibanya di Bumi. Bagaimana pun, wahana baru ini akan memiliki versi abad ke-21: Lebih luas dan sepuluh kali lebih aman dalam peluncuran dan pendaratannya dibandang wahana ulang-alik lain.

“Kami memiliki sistem pembatalan. Dalam segala hal, dari duduk di kursi hingga terbang ke atas. Wahana ulang-alik tidak memiliki kapabilitas itu,” ucap Cooke.

Cooke juga menjelaskan, wahana ini dapat menjalankan misi ke bulan, atau misi lanjutan eksplorasi ke Mars. Setiap misi lanjutan akan didampingi kompartemen yang lebih besar untuk kru misi itu.

Saat ini, wahana MPCV masih dalam pengujuab di fasilitas uji coba milik Lockheed Martin di Denver.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s