Beberapa Foto Terbaik Pada Sistem Tata Surya Kita

Bulan Dione dalam bayang-bayang cincin Saturnus. Dione berdiameter sekitar 1,123 km dengan orbit sekitar 337.000 km dari planet raksasa ini. (Barcroft Media)

Gambar-gambar menakhjubkan dan inspiratif ini mengungkap sejumlah rahasia dari sistem tata surya kita yang seluruhnya diambil oleh pesawat antariksa NASA dan Badan Antariksa Eropa dalam lima tahun terakhir.

Semua ini dirilis oleh Royal Observatory di London, untuk memicu beberapa masukan bagi Fotografer Astronomi dalam Kompetisi Tahun 2011.

Gambar Bulan Saturnus, Mimas, di ambil oleh pesawat antariksa Cassini. Pesawat antariksa Cassini-Huygens diluncurkan pada 1997 untuk menyelidiki Saturnus, termasuk Cincin dan Bulannya. (Barcroft Media)
Mata badai: Jupiter’s Great Red Spot ini diabadikan oleh pesawat antariksa Voyager 2. Great Red Spot adalah badai seukuran Bumi yang mengamuk selama berabad-abad dan tidak menunjukkan tanda-tanda melemah. (Barcroft Media)
Matahari di Planet Merah yang diambil oleh kendaraan antariksa NASA, Spirit, pada 2005 ini merupakan salah satu dari serangkaian gambar menakhjubkan yang dirilis Royal Observatory. (Barcroft Media)

Di antara gambar itu yang nampak luar biasa adalah Sunset Mars. Diambil tahun 2005 silam oleh kendaraan eksplorasi keliling atau yang dikenal dengan Spirit from Gusev Crater.

Dalam foto tersebut nampak cahaya berwarna biru di langit sekitar matahari terbenam yang kadang-kadang dapat tetap terlihat selama dua jam setelah itu, lenyap dari pandangan.

Cahaya ini disebabkan oleh elevasi tinggi debu yang berhamburan di sekitar sinar matahari ke sisi gelap planet tersebut.

Langit kemerahan yang masih tersisa akibat tingginya volume debu dalam atmosfir.

Gambar ini memberi cita rasa apa yang para astronot bisa harapkan untuk dilihat jika mereka senantiasa melangkahkan kaki di Planet Merah. Gambar ini juga menunjukkan betapa matahari menjadi jauh lebih kecil dibandingkan bila dilihat dari bumi.

Foto lain menunjukkan adanya kawah raksasa Stickney di Phobos, bulan terbesar diantara dua Bulan Mars lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s