NASA Persiapkan Misi Kembali ke Bulan

Ilustrasi Pesawat Ruang Angkasa GRAIL di atas Bulan. Credit: Google

FLORIDA – NASA secara resmi mengumumkan akan kembali mendarat di Bulan pada program terbarunya yang dinamai Gravity Recovery And Interior Laboratory (GRAIL). Misi ini akan segera diluncurkan pada 8 September mendatang.

Peluncuran kembali NASA ke Bulan akan segera direalisasikan dalam waktu dekat, tepatnya 8 September 2011. Roket akan diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

GRAIL adalah pesawat ruang angkasa yang memiliki interior kembar. Misi ini mengemban tugas selama sembilan bulan guna mengeksplorasi satelit alami Bumi tersebut secara rinci. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Kedua pesawat ruang angkasa kembar ini akan menentukan struktur interior bulan dari kerak hingga inti bulan, sehingga akan memperbaharui pemahaman manusia tentang evolusi bulan thermal.

Seperti dikutip The Hindu, Jumat (26/8/2011), pesawat ruang angkasa kembar, yaitu GRAIL A dan B, akan terbang dengan rute memutar menuju orbit Bulan dalam kurun waktu 3,5 bulan.

GRAIL A akan mencakup wilayah Bulan dengan luas sekira 2,6 juta mil (4,2 juta km), sedangkan 2,7 juta mil (4,3 juta km) lainya akan dijelajahi oleh GRAIL B.

“GRAIL akan menyingkap misteri pembentukan bulan dan juga membantu kita memahami bagaimana bulan, Bumi dan planet berbatu lain dapat berkembang,” kata Maria Zuber, peneliti utama GRAIL dari Institut Teknologi Massachusetts.

Periode peluncuran GRAIL akan dimulai pada 8 September mendatang dan diperkirakan akan kembali pada 19 Oktober tahun 2012. (Sumber: okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s