NASA Temukan Bintang Kerdil dengan Suhu Terdingin

Bintang kerdil terdingin. Credit: NASA/JPL-Caltech/UCLA

Bintang kerdil coklat dengan temperatur terdingin telah ditemukan oleh NASA. Temperaturnya mirip dengan temperatur ruangan, 25 derajat Celcius.

Si kerdil itu ditemukan teleskop Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) pada jarak bintang yang berjarak 9 hingga 40 tahun cahaya. “Bintang kerdil yang kami temukan sebelumnya memiliki temperatur seperti oven,” ungkap anggota WISE, Davy Kirkpatrick. “Sekarang kami telah menemukan bagian dingin dari sebuah rumah,” tambahnya.

Michael Cushing yang juga anggota dari WISE mengatakan, “Hal ini membuktikan bahwa masih banyak tetangga Bumi yang belum terjelajah menggunakan WISE.”

Dengan menggunakan huruf para astronom mengklasifikasikan bintang sesuai dengan tingkat panasnya, O, B, A, F, G, K, M, L, T, dan Y. O adalah yang terpanas dan Y bintang yang paling dingin. Matahari terletak di posisi G dan untuk bintang kerdil coklat yang baru saja ditemukan terklasifikasi sebagai bintang Y.

Bintang kerdil sebenarnya adalah bintang yang gagal. Namun, dalam prosesnya mereka tidak mempunyai massa yang cukup untuk membakar thermonuclear, sehingga mereka akhirnya meredup dan menjadi dingin. (Sumber: NASA)

Sumber: nationalgeographic.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s