Pergeseran Jupiter Pengaruhi Ekosistem Tata Surya

Jupiter. Credit: mascipul.blogspot.com

CALIFORNIA – Sejak awal pembentukan matahari sekira 4,6 miliar tahun lalu, planet-planet di tata surya mengalami pergeseran posisi secara berkala. Sebuah penelitian baru memperlihatkan pengaruh pergeseran Planet Jupiter terhadap tata surya.

Seperti diketahui Jupiter adalah planet terbesar yang mengorbiti Matahari. Sejak awal pembentukan di tata surya, Jupiter selalu mengalami banyak pergeseran. Pergeseran Jupiter banyak mempengaruhi beberapa planet lain seperti Mars dan Saturnus.

Sebuah fakta menunjukan bahwa pergeseran Jupiter menyebabkan pertumbuhan dari Planet Mars mengalami penghentian.

Planet Raksasa ini juga berpengaruh besar terhadap sabuk Asteroid, yang mengorbit pada Matahari di antara orbit Mars dan Jupiter. Namun kasus tersebut adalah masalah yang sangat kompleks, karena efek ini harus disimpulkan secara rinci.

Dalam rangka untuk menjelaskan alasan mengapa Jupiter bermigrasi, serta efek dari proses migrasi ini, peneliti telah menerbitkan sebuah model komputer baru, untuk menjelaskan hal tersebut.

Makalah ilmiah ini muncul di jurnal Nature, edisi 14 Juli. Para ahli tersebut mengatakan bahwa mereka menciptakan model komputer baru yang memperlihatkan dari awal tata surya terbentuk, tujuannya untuk memberikan pemahaman lebih baik mengenai bagaimana gerakan planet membentuk sistem konfigurasi saat ini.

Seperti dikutip Softpedia, Jumat (26/8/2011), Kevin Walsh, penulis makalah ini menjelaskan bahwa Jupiter awalnya terbentuk sekira 3,5 Astronomical Unit (AU / satuan astronomi menyatakan jarak) dari matahari. Tak lama setelah terbentuk, Jupiter mulai bergerak menuju bagian lain dari tata surya, hingga mencapai orbit yang sekarang ditempati oleh Mars. Saat itu Mars belum terbentuk.

“Kami berteori bahwa Jupiter berhenti bermigrasi ke arah matahari karena adanya Planet Saturnus,” cetus Avi Mandell, rekan dari penulis penelitian ini.

Kedua planet saling bergerak di dalam tata surya, tapi pada satu titik migrasi, keduanya berhenti. Selanjutnya kedua planet ini mulai bergerak lebih jauh. Awalnya Jupiter masuk orbit stabil pada 5 AU, sementara Saturnus pindah lebih jauh dan masuk ke orbit 7 AU. Namun pada akhirnya, Jupiter terus bergerak lebih jauh, hingga ke orbit saat ini yang berjarak 9,5 AU dari Matahari. (Sumber: okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s