Danau Purba Ditemukan di Planet Mars

Lubang besar di Mars. Credit: esa.int

LONDON – Sebuah satelit milik European Space Agency (ESA) telah mengabadikan gambar sebuah lengkungan dalam permukaan Mars yang diperkirakan merupakan bekas danau purba.

Batuan sedimen berwarna gelap yang berjejer di delta pada ujung lubang Eberswalde menunjukkan bahwa dulunya pernah ada arus yang mengalir pada permukaan planet Mars yang berbatu. Demikian seperti yang dikutip dari The Register, Rabu (7/9/2011).

Foto yang ditampilkan oleh Mars Express ESA, yang fokus pada lubang Eberswalde menunjukkan bahwa kemungkinan adanya air di Mars. Pihak NASA sendiri akan mengirimkan kendaraan Rover-nya tahun ini untuk menyelidiki salah satu dari lubang-lubang raksasa tersebut, seperti The Gale Crater.

Air saat ini memang masih ada di Mars, membeku berupa es atau berada di atmosfir supertipis planet tersebut. Akan tetapi para ilmuwan percaya kalau dulu pernah ada danau dan laut di Planet Merah tersebut.

“Saluran-saluran di lubang tersebut terlihat cukup jelas dari atas. Dulunya wilayah tersebut mungkin adalah sebuah danau,” ujar pihak ESA.

“Struktur delta ini, yang pertama kali diidentifikasi oleh pesawat Mars Global Surveyor milik NASA, memiliki karakter sebuah danau. Seperti halnya saluran-saluran dengan batuan yang berwarna lebih gelap,” pungkas mereka. (Sumber: okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s