NASA Tunda Peluncuran GRAIL ke Bulan

GRAIL. Credit: google

FLORIDA – NASA mengumumkan penundaan keberangkatan pesawat ruang angkasa untuk misi ke Bulan. Gravity Recovery And Interior Laboratory (GRAIL) kemungkinan akan diberangkatkan Sabtu, 10 September 2011.

Sebenarnya NASA berencana untuk meluncurkan GRAIL hari ini, namun mereka justru menemukan masalah pada sistem pendorong roket Delta II. Sementara itu salah seorang pejabat NASA menjelaskan jika bahan bakar Delta 2 juga belum diisi kembali setelah percobaan peluncuran pertama, Kamis lalu. Demikian seperti dikutip Space.com, Jumat (9/9/2011).

NASA menyatakan jika GRAIL akan lepas landas dari Cape Canaveral Air Force Station (CCAFS) dengan menaiki roket Delta II yang akan diberangkatkan Sabtu mendatang.

Ini berarti misi ke Bulan kali ini tidak sesuai dengan harapan yang sebelumnya disampaikan oleh beberapa ahli. Sebelumnya para ahli menyatakan hanya ada dua kesempatan untuk melakukan peluncuran yaitu di hari Kamis, tepatnya pada pukul 08:37 dan 09:16 waktu setempat. Jika peluncuran itu berhasil dan sesuai dengan kesempatan yang ada, maka GRAIL akan dipastikan mendarat di Bulan saat Tahun Baru nanti.

Nampaknya GRAIL yang memiliki misi untuk memetakan inti dari gravitasi yang ada di sekitar Bulan secara rinci, akan lebih lama tiba di Bulan. Ini dikarenakan penundaan peluncuran yang tidak sesuai dengan kesempatan yang ada dan mungkin akan tiba di Bulan jauh melebihi target yang sudah ditentukan. (Sumber: okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s