21 Cermin Reflektor Berlapis Emas Dipasang di Teleskop James Webb

Pada September 2011, insinyur NASA berhasil melengkapi pemasangan 21 cermin berlapis emas pada bagian teleskop James Webb

NASA tengah menyiapkan teleskop baru sebagai penerus teleskop Hubble. Teleskop tersebut diberi nama James Webb yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2018.

Saat ini insinyur NASA telah memasang 21 cermin seperti cermin emas yang akan digunakan untuk memantulkan cahaya infra merah yang dikumpulkan dari objek alam semesta yang jauh. Setiap cermin yang berbentuk heksagonal tersebut memiliki tinggi sekira 1.5 meter dan terbuat dari beryllium, material tersebut dipilih karena ringan , kaku, dan tahan terhadap perubahan temperatur tanpa mengalami kebengkokan.

18 cermin akan dikombinasikan dengan cermi utama raksasa berukuran 6.5 meter kemudian yang lain akan digunakan dibagian lain teleskop seperti diungkap pejabat NASA.

Di lansir dari space.com, Minggu (18/09/2011), pada Juni 2010, insinyur memulai proses pelapisan cermin masing-masing dengan 0.12 ons emas yang diaplikasikan ke cermin menjadi 120 nanometer tebalnya atau lebih tips 200 kali dari rambut manusia.

“Menyelesaikan semua pelapisan cermin sesuai dengan jadwal adalah salah satu kesuksesan dari proyek cermin teleskop James Webb”, ungkap Lee Feinberg, NASA Optical Telescope Element manager untuk proyek teleskop James Webb.

Keseluruhan biaya yang digunakan untuk membuat teleskop James Webb mencapai $8.7 miliar dan sebelumnya proyek teleskop ini hampir tertunda karena kesulitan dana, selengkapnya bisa dibaca disini. (Adi Saputro/Astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s