Macam-macam Pergerakan Matahari

Gambar matahari yang berhasil ditangkap Soft X-Ray Telescope (SXT) yang dibawa satelit Yohkoh ketika sedang mengorbit. Credit: NASA

Matahari mempunyai dua macam pergerakan, yaitu sebagai berikut :

Ilustrasi rotasi matahari. Terdapat perubahan
posisi bintik matahari selama terjadi pergerakan.
Credit: NASA
  • Matahari berotasi pada sumbunya dengan selama sekitar 27 hari untuk mencapai satu kali putaran. Gerakan rotasi ini pertama kali diketahui melalui pengamatan terhadap perubahan posisi bintik matahari. Sumbu rotasi matahari miring sejauh 7,25° dari sumbu orbit bumi sehingga kutub utara matahari akan lebih terlihat di bulan September sementara kutub selatan matahari lebih terlihat di bulan Maret. Matahari bukanlah bola padat, melainkan bola gas, sehingga matahari tidak berotasi dengan kecepatan yang seragam. Ahli astronomi mengemukakan bahwa rotasi bagian interior matahari tidak sama dengan bagian permukaannya. Bagian inti dan zona radiatif berotasi bersamaan, sedangkan zona konvektif dan fotosfer juga berotasi bersama namun dengan kecepatan yang berbeda. Bagian ekuatorial (tengah) memakan waktu rotasi sekitar 24 hari sedangkan bagian kutubnya berotasi selama sekitar 31 hari. Sumber perbedaan waktu rotasi matahari tersebut masih diteliti.
  • Matahari dan keseluruhan isi tata surya bergerak di orbitnya mengelilingi galaksi Bimasakti. Matahari terletak sejauh 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti. Kecepatan rata-rata pergerakan ini adalah 828.000 km/jam sehingga diperkirakan akan membutuhkan waktu 230 juta tahun untuk mencapai satu putaran sempurna mengelilingi galaksi.

Sumber: wikipedia.org

Advertisements

One comment

  1. Saya bertanya kepada Mandalajati Niskala mengenai Matahari.
    Beliau menjelaskan hal-hal yang penting mengenai Matahari sbb:

    ♥1)Para akhli kurang memahami pergerakan Matahari. Menurut Mandalajati Niskala PERGERAKAN MATAHARI TIDAK LIAR, TETAPI SEPERTI SPIRAL. Ya seperti orang bermain Hulahup. Bergerak ke Utara selama 6 bulan, kemudian bergerak ke Selatan selama 6 bulan, demikian seterusnya dalam lintasan yang tetap. Pergerakan ini dilantarankan ADANYA DUA KATUP UTARA & SELATAN YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG TAKANAN GAS YANG BERLEBIH. Pembuangan Gas pada KATUP SELATAN MENGAKIBATKAN SEMBURAN API YANG SANGAT DAHSYAT, YANG MENDORONG MATAHARI BERGERAK KE UTARA, demikian sebaliknya.
    ♥2)Para akhli mengatakan Panas Inti Matahari15 Juta derajat celcius. Menurut Mandalajati NIskala panas inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.
    ♥3)Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa TADINYA MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA, BERSUHU MINUS & BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.
    Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.
    ♥4)Para akhli mengatakan GAYA GRAVITASI MATAHARI SANGAT BESAR. Menurut Mandalajati Niskala MATAHARI TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI, tapi sebaliknya MATAHARI MEMILIKI GAYA ANTI GRAVITASI.
    ♥5) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU”:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000.
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000.
    ♥6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    Selamat berpikir
    ════════════════════════════
    Filsuf MANDALAJATI NISKALA, sbg:
    Zaro Bandung Zaro Agung
    Majelis Agung Parahyangan Anyar.

    Klik di google Mandalajati Niskala
    BACALAH SELURUH SULUR BUAH PIKIRANNYA.

    Pengirim komentar:
    @Sandi Kaladia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s