VIDEO: Hari Equinok, Saat Matahari Tepat di Atas Garis Khatulistiwa Bumi

Pada tanggal 23 September 2011, Posisi matahari tepat di atas garis khatulistiwa Bumi. Credit: NASA

Hari Jum’at, 23 September 2011 pukul 16:05 WIB merupakan hari dimana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa atau sering disebut hari Equinox tepatnya September Equinox. Apa itu Hari Equinox? Equinox adalah saat dimana posisi Matahari berada tepat di ekuator langit artinya Ia sedang berada tepat di atas Katulistiwa Bumi. Equinox kali ini secara geosentris terjadi pada Jumat, 23 September 2011 pukul 16:05 WIB. Equinox merupakan bagian dari siklus tahunan pergerakan harian semu Matahari. Saat terbit, melintas dan terbenamnya Matahari akibat kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang orbitnya yaitu sebesar 66.56° maka selama setahun terjadi dua kali Equinox yaitu September Equinox dan Maret Equinox. Equinox berikutnya akan terjadi pada 20 Maret 2012 nanti. Kecuali Equinox, suatu saat Matahari juga akan berada di titik paling Utara pada bulan Juni dan berada di titik paling Selatan pada bulan Desember yang dikenal dengan istilah Solstice.

Menurut asal katanya Equinok bermakna panjang waktu siang sama dengan panjang waktu malam seperti juga anggapan umum. Namun kenyataannya tidak. Saat equinox ternyata siang lebih panjang dari malam. Contohnya di Yogyakarta, pada hari jumat (23/9) menurut kalkulasi Matahari terbit pada 05.28 WIB dan terbenam pada pukul 17.34 WIB. Artinya siang lebih panjang 6 menit dari malam. Lho kenapa ya… hayoo ada yang tahu..?

Esok pada hari jumat merupakan saat yang paling tepat untuk menentukan arah Timur ketika Matahari terbit dan arah Barat ketika Matahari terbenam. Selain itu di Indonesia fenomena ini menandai awal Musim Hujan, sedangkan di Belahan Bumi Utara menandai awal Musim Gugur (Autum/Fall) dan di Belahan Bumi Selatan menandai awal Musim Semi (Spring). Lagi, bagi anda yang di rumah berlangganan TV satelit, biasanya saat hari Equinox tiba banyak Channel televisi yang terganggu akibat fenomena yang dinamakan “Sun Outage” atau Gerhana Satelit yaitu saat satelit berada tepat diantara Bumi dan Matahari. Saat itu penerima satelit di Bumi akan terganggu oleh oleh sinyal yang kuat dari Matahari sehingga selama beberapa saat gambar TV akan hilang atau terganggu. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini.
http://c.brightcove.com/services/viewer/federated_f8/1417334557

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s