NASA Bantah Klaim Ilmuwan Rusia Tentang Adanya Kehidupan di Venus

Badan luar angkasa milik Amerika, NASA, telah membantah klaim sensasional yang dibuat oleh seorang ilmuwan Rusia yang menyatakan bahwa ada kehidupan di planet Venus. NASA menyatakan bahwa benda menyerupai “piringan” yang ada pada foto tahun 1982 adalah bagian dari wahana yang dikirim untuk menjelajahi dan meneliti planet Venus.

Seperti yang dikutip dari spacedaily.com, Sabtu (28/01/2012), pada awal bulan ini muncul sebuah artikel yang diterbitkan dalam sebuah majalah yang menyatakan bahwa terdapat objek menyerupai makhluk hidup pada foto planet Venus tahun 1982 yang diambil oleh wahana antariksa Soviet probe.

Leonid Ksanfomaliti, ilmuwan Rusia yang membuat klaim tersebut menganalisisi foto yang diambil oleh wahana Venera-13 yang menampilkan beberapa objek menyerupai piringan dan kalajengking yang kesemuanya muncul dan menghilang dengan merujuk pada lokasinya yang berubah pada foto yang berbeda, serta dengan memperhatikan jejak di tanah.

Namun NASA membantah klaim tersebut “tampaknya jauh lebih masuk akal jika benda-tersebut merupakan wahana pendarat yang mengeksplorasi Venus untuk penelitian”, dilansir Dailymail dengan mengutip pendapat dari Jonathan Hill, seorang perencana misi NASA.

Para ahli juga mengatakan bahwa “kalajengking” yang ditemukan Ksanfomaliti adalah efek gambar digital. Tidak ada bukti kehidupan di Venus dimana suhu dipermukaannya mencapai 464 derajat Celcius (867 derajat Fahrenheit).