Kenapa Roket Tidak terbakar di Atmosfer Saat Menuju Luar Angkasa?

Pertanyaan:

Kenapa roket tidak terbakar di atmosfer saat menuju luar angkasa?

Jawaban:

sebelumnya, diketahui bahwa atmosfer bumi, makin jauh dari daratan, maka atmosfernya makin tipis, dan sebaliknya dari yang kita ketahui diatas maka jika sebuah objek “jatuh” ke daratan, maka ia akan menembus atmosfer yg lebih tebal, ehingga tekanan udara di depan objek akan naik, dan dari rumus fisika, diketahui bahwa makin besar tekanan, maka suhu makin tinggi, sehingga menyebabkoan objek terbakar  namun jika objek menjauhi tanah, maka ia menembus atmosfer yang tipis, sehingga tekananya tidak setinggi objek jatuh, yg menyebabkan suhu tidak setinggi objkek jatuh.

 materi referensi: Pengetahuan-Himpunan Astronomi Amatir Jakarta- Dunia Astronomi

(http://id.answers.yahoo.com)

Note:
*kami mengumpulkan pertanyaan dan jawaban astronomi dari beberapa forum di internet dan kami tidak menjamin serta tidak melakukan evaluasi terhadap kebenaran dari jawaban pertanyaan tersebut.

Advertisements

4 comments

  1. Sinar matahari ga bisa seluruhnya menembus sabuk van Allen di ketinggian antara 300 – 500 km yg suhunya mencapai 1650 derajat Celcius……mengapa roket bisa menembus sabuk van Allen ? Terbuat dari material apa roket dan satelit sehingga bisa menembus sabuk van Allen yg suhunya bisa melelehkan besi ???

    Like

    • roket kebanyakan dilindung oleh hot shield untuk melindungi dari panas, satelit dimasukkan di dalam roket saat akan diorbitkan. Satelit tidak beroperasi di sabuk van allen. Untuk mencegah radiasi, satelit akan dibungkus dengan material semacam aluminium foil khususnya dibagian elektroniknya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s