Jam Paling Akurat di Dunia

Jam atom. Image credit: NIST

Bertahun-tahun jam atom dianggap sebagai alat paling akurat untuk mengukur waktu. Bahkan perangkat GPS yang umum ditemui di perangkat bergerak menggunakan jam atom sebagai dasar pengukuran waktu. Kini, gelar tersebut tampaknya harus diserahkan kepada jam nuklir, yang jauh lebih akurat.

Jam nuklir menggunakan inti atom sebagai jarum halus. Sebuah inti atom bergerak turun-naik untuk dua tingkat energi tertentu jika ditembak oleh cahaya laser pada frekuensi yang sangat spesifik. Frekuensi ini pada akhirnya dipakai sebagai penanda detak waktu. Dengan cara ini, jam nuklir akan 60 kali lebih akurat ketimbang jam atom.

Tetapi jam nuklir masih sebatas gagasan. Hingga saat ini pengukur waktu paling akurat adalah jam atom, yang hanya meleset sebanyak 4 detik sejak alam semesta terbentuk 13,7 miliar tahun lalu. Jam ini menggunakan lompatan elektron sebagai jarum halus. Sayangnya, elektron sering terganggu oleh aliran listrik dan medan magnet yang akhirnya mempengaruhi akurasi.

Konsep jam nuklir mulai dirintis oleh Corey Campbell dari Georgia Institute of Technology. Mereka memakai atom torium yang dikendalikan oleh laser. Akibatnya, gerakan inti atom hanya melenceng sebanyak 1 detik setiap 200 miliar tahun.

“Tingkat ketelitiannya sangat tinggi sehingga kesalahan bisa diabaikan,” komentar ahli metrologi dari National Metrology Institute of Germany, Ekkehard Peik, mengomentari penelitian tersebut.

Sebelum konsep jam superakurat ini diterapkan di dunia nyata, ilmuwan harus mencari frekuensi paling tepat untuk menggerakkan inti atom torium. (tempo.co, astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s