Venus dan Jupiter Akan Muncul Berpasangan Hingga 17 Maret

Venus dan Jupiter yang sebenarnya berada pada jarak yang berbeda tampak seolah-olah berdampingan. Image credit: Shawn Malone

Planet Jupiter dan Venus, muncul secara berpasangan dalam beberapa hari mendatang mulai Minggu 11 Maret 2012, waktu Amerika Serikat, atau Senin WIB, 12 Maret 2012 hingga 17 Maret. Walaupun dalam sitem tata surya, kedua planet tersebut berjarak sangat jauh, namun pada kemunculannya, terlihat hanya berjarak dua jari manusia.

Fenomena ini dapat disaksikan di sebelah barat daya, sesaat setelah matahari tenggelam. Venus akan bersinar lebih terang dibandingkan dengan Jupiter. Jupiter muncul di dalam satu garis lintasan, sepanjang bulan Maret ini.

Ini adalah periode rutin bagi kedua planet tersebut. Pada Sein, 5 Maret 2012, Planet Mars berada di titik paling dekat dengan bumi dalam dua tahun terakhir.

Kemunculan benda langit lainnya adalah pergerakan bulan yang seolah menari dalam orbitnya pada akhir Maret. Bulan akan bergerak mendekati Jupiter, kemudian Venus.

Peristiwa alam yang paling ditunggu di tahun ini adalah Venus yang akan terlihat di sejumlah wilayah di bumi. Planet tersebut akan melintas dekat matahari. (tempo.com, astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s