Insinyur Gunakan Robot Untuk Perbaikan dan Pengisian Bahan Bakar ISS

Robot Dextre Kanada (tengah) dan Robot pengisian bahan bakar (RRM) NASA bersama-sama melakukan penelitian terobosan robotika ISS pada Maret 2012. Tangan robot Dextre digunakan untuk memahami alat kerja khusus pada RRM untuk percobaan gerak untuk menunjukkan pengendalian perbaikan dari jarak jauh dan pengisian bahan bakar dari satelit. Image Kredit: NASA

Tim gabungan isinyur dari Amerika dan Kanada telah mengambil satu langkah besar dalam dunia antariksa yaitu dengan menggunakan robot untuk melakukan perbaikan dan pengisian bahan bakar Robotic Refueling Mission (RRM) di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Eksperimen tersebut membuktikan bahwa robot yang dikendalikan dari jarak jauh dan di ruang vakum, bisa melakukan tugas-tugas dengan tingkat presisi tinggi yang memerlukan gerakan yang sangat halus dan tepat. Percobaan tersebut mempu memperpanjang usia satelit yang mengorbit di oatas Bumi dengan hanya mengirimkan robot untuk memperbaikinya.

Dikutip dari universetoday.com, Sabtu (24/03/2012) Tujuan dari eksperimen ini yaitu untuk menggantikan astronot yang berada di ISS sehingga astronot terebut bisa melakukan hal-hal penting atau percobaan ilmiah yang memerlukan intervensi dari manusia.

Selama tiga hari mulai 7 Maret hingga 9 Maret 2012, insinyur melakukan operasi bersama antara Misi Robotic Refueling Mission (RRM) dan Canadian Space Agency’s (CSA) robotic “handyman” disebut sebagai robot Dextre yang secara resmi dijuluki Manipulator sebagai robot perbaikan.

“Ini adalah semua tentag kesuksesan. Dengan RRM, kita benar-benar membuka jalan bagi eksplorasi robot masa depan dan pelayanan satelit, “Ungkap Cassidy, Hardware Manajer RRM di NASA Goddard Spaceflighter Center di Greenbelt. (Adi Saputro/astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s