Jumlah Air di Bumi Tidak Sebanyak yang Kita Kira

Perumpamaan jika semua air di Bumi disatukan menjadi seperti Bola hanya memiliki diameter 860 mil. Image credit: Jack Cook/WHOI/USGS

Jika kita merasa bahwa jumlah air di Bumi itu sangat banyak dan melimpah, tampaknya Anda harus berpikir ulang. Jika semua air di Bumi dikumpulkan dan dibuat menjadi satu bola raksasa, maka ia akan menjadi sebesar apa? USGS (United States Geological Survey) akan menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut USGS, jika semua air di Bumi disatukan dan dibentuk menjadi seperti Bola, maka akan menjadi Bola dengan ukuran diameter 860 mil (1.385 km), dan itu kurang lebih hanya sepertiga dari ukuran Bulan. Bahkan jika hanya air tawar saja yang dihitung, maka akan menjadi lebih kecil lagi yaitu hanya 100 mil (160 km) diameternya.

Ilustrasi tersebut dibuat oleh Jack Masak di Woods Hole Oceanographic Institution tersebut dengan tidak merinci ukuran dan massa zat cair. Untuk diketahui bahwa jumlah air di Bumi mencapai 332.500.000 km kubik (1.386 kubik) (i mil kubik sama dengan 1.1 triliun galon). Namun dengan hipotesa bola, menjadi lebih dapat dipahami, apalagi ketika kita sudah biasa mengenal planet kita ini dengan dunia berair (watery world).

Anda bisa membaca lebih lanjut tentang hal ini di situs USGS berikut ini. (Adi Saputro/astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s