Ilmuwan Teliti Meteorit Murchison untuk Ungkap Asal Karbon di Mars

Meteorit Murchison. Image credit: marsdaily.com

Penelitian tentang unsur-unsur penyusun atmosfer Mars dapat membantu para peneliti untuk melakukan misi pencarian tanda-tanda kehidupan di planet tersebut di masa depan. Ilmuwan mencoba untuk menemukan jawaban bagaimana lingkungan di planet tersebut bisa mengandung gas metana yang mengandung karbon yang merupakan unsur penting penyusun kehidupan.

Ilmuwan menemukan meteorit yang membombardir permukaan Mars, mengandung komponen karbon yang cukup untuk merubah metana saat terkena paparan sinar matahari.

Dikutip dari marsdaily.com, Kamis (31/05/2012), Peneliti mengatakan penemuan ini dapat memberikan petunjuk tentang atmosfer planet tersebut. Para ilmuwan berencana misi masa depan ke Mars bisa menggunakan temuan tersebut untuk menyempurnakan percobaan mereka, sehingga didapat sebuah nilai tambah dari misi tersebut.. Untuk itu peneliti membawa contoh dari meteorit Murchison yang jatuh dan ditemukan di Australia 40 tahun lalu. Tim peneliti kemudian mengambil beberapa bagian dari meteorit yang memiliki komposisi yang sama dengan meteorit Mars untuk kemudian diberikan radiasi ultraviolet yang memiliki tingkat yang sama dengan tingkat radiasi ultraviolet sinar matahari di Mars.

Tim dari University of Edinburg, Max Planck Institute, serta Utrecht University, menemukan sejumlah metana berubah secara signifikan dan bisa menjadi bagian dari metana di atmosfer Mars.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Nature. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s