Astronom Kembali Temukan Galaksi Tertua dan Terjauh

Citra dari galaksi LAEJ095950.99+021219.1 (di tengah berwarna hijau). Image credit: James Rhoads/Arizona State University

Astronom dari Arizona State University berhasil mengambil citra dari sebuah galaksi Jauh. Galaksi tersebut merupakan sebuah galaksi yang terbentuk saat alam semesta ini masih berusia muda yaitu baru berumur sekitar 800 juta tahun. Galaksi ini yang diberi nama LAEJ095950.99+021219.1 menjadi salah satu dari 10 galaksi terjauh yang pernah ditemukan sebab jaraknya saat ini mencapai 13 miliar tahun cahaya. Pada gambar di atas galaksi tersebut berwarna hijau (di tengah gambar).

Dikutip dari universetoday.com, Senin (04/06/2012), Galaksi ini dideteksi oleh pancaran cahaya dari ionisasi hidrogen menggunakan Teleskop Magellan IMACS (Inamori-Magellan Areal Camera & Spectrograph) yang dibuat di Carnegie Institute di Washington. Tim astronom menggunakan sebuah pita filter sempit dari alat tersebut yang dirancang untuk membatasi panjang gelombang dari suatu cahaya tertentu.

“Galaksi muda harus diobservasi dengan panjang gelombang inframerahnya dan ini tidak mudah jika kita melakukannya dengan menggunakan teleskop yang berbasis di Bumi sebab atmosfer Bumi itu sendiri memancarkan cahaya yang menyulitkan untuk mengobservasi galaksi muda”, ungkap Sangeeta Malhotra, pimpinan penelitian dari Arizona State University. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s