NASA Akan Rubah 2 Satelit Pengamat Jadi Teleskop Seperti Hubble

Satelit pengamat yang akan dirubah menjadi teleskop seperti Hubble. Image credit: NASA

NASA akan menggunakan dua satelit pengamat yang sudah tidak digunakan oleh US’s National Reconnaissance Office (NRO) untuk dirubah menjadi teleskop seperti Hubble agar dapat digunakan untuk mencari energi gelap (dark energy). Dalam artikel di Washington Post dan New York Times, NASA dan NRO mengatakan bahwa dua satelit tersebut tidak digunakan dan belum sepenuhnya selesai dibuat. Meskipun dua satelit tersebut tidak memiliki isntrumen astronomi dan masih berada dalam gudang penyimpanan, keduanya memiliki cermin berukuran 2.4 meter seperti teleskop Hubble, dengan area pandang yang cukup luas dan cermin sekunder yang dapat digerakkan, memungkinkan untuk mendapatkan gambar yang memiliki fokus lebih baik.

“Permainan ini berubah total,” ujar David N. Spergel, Ketua komite astronomi dan astrofisika dari National Academy of Science.

Dikuti dari universetoday.com, Selasa (05/06/2012), Dilaporkan sebelumnya bahwa NRO menghubungi NASA pada tahun 2011 tentang dua satelit mata-mata. Sejak diambil alih oleh NASA Science Directorate pada awal tahun ini, mantan teknisi teleskop Hubble John Grunsfeld yang bekerja dengan teknisi lainnya, mempelajari kemungkinan menggunakan dua satelit tersebut sebagai teleskop.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa Grunsfeld dan kawan-kawan tidak akan merombak penuh satelit tersebut untuk dirubah menjadi teleskop, akan tetapi NASA yang akan memutuskan perihal peruntukkan dan instrumen apa yang akan ditambahkan, sampai pada proses peluncuran dan pengoperasian teleskop tersebut jika nanti benar-benar terwujud. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s