Mayor Liu Yang, Astronot Wanita Pertama China

Mayor Liu Yang, astronot wanita pertama China. Image credit: spacedaily.com

Terungkap sudah siapa sosok wanita China pertama yang akan menjadi astronot dan sekaligus menjadi wanita pertama yang akan pergi ke luar angkasa. Dia adalah Mayor Liu Yang. Wanita berusia 33 tahun ini merupakan pelatih pilot pesawat tempur China dan telah menghabiskan waktu selama 2 tahun untuk dikarantina dan menjalani pelatihan menjadi astronot.

“Hari pertama telah dikatakan padaku bahwa aku tidak berbeda dari astronot pria,” ucap Liu seperti yang dikutip dari spacedaily.com, Sabtu (16/06/2012). Liu Yang sendiri seorang pelatih penerbang pesawat tempur yang sudah menikah, namun belum memiliki anak, ucap penyiar CCTV.

Liu bergabung ke program luar angkasa sejak tahun 2010 dan dia dipilih karena hasil tesnya yang sangat baik. Liu dan dua kru pria, komandan misi Jing Haipeng (45 tahun), dan Liu Wang (43 tahun), akan lepas landas pada hari Sabtu 16 Juni 2012 pukul 6.37 p.m dari Jiuquan Space Base di utara Gurun Gobi China dengan menggunakan roket Shenzhou 9 untuk kemudian melakukan bergabung dengan stasiun luar angkasa China, Tiangong 1. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s