Video: China Sukses Luncurkan Roket Shenzhou 9

Peluncuran roket Shenzhou 9, pembawa astronot wanita pertama China, Liu Yang. Image credit: China Academy of Launch Technology

Roket Shenzhou 9 pembawa 3 astronot termasuk astronot wanita pertama China, Liu Yang, sukses meluncur dengan baik dari tempat peluncuran di Jiuquan Satellite Launch Center sebelah utara provinsi Gansu pada hari Sabtu pukul 6.37 p.m waktu setempat. Chang Wanquan, pemimpin dari program luar angkasa China mengatakan bahwa roket telah memasuki orbit dan peluncuran berjalan dengan sukses.

Kru astronot yang dipimpin oleh Jing Haipeng seorang astronot veteran yang sudah dua kali ke luar angkasa, Liu Wang, seorang yang sudah berada di program luar angkasa China selama 14 tahun, akan melakukan manuver untuk proses docking manual dengan stasiun luar angkasa China Tiangong 1.

Selain dua kru pria tersebut, astronot ke tiga adalah seorang wanita. Ia adalah Liu Yang. Ia adalah seorang pelatih atau instruktur penerbang pesawat tempur. Liu akan melakukan eksperimen medis dan serangkaian uji coba luar angkasa lainnya.

Dikutip dari spacedaily.com, Sabtu (16/06/2012), Perwakilan dari Presiden China Hu Jintao, Liu Yandong membacakan pesan dari presiden perihal kesuksesan peluncuran tersebut. “Saya ingin menyampaikan selamat dan salam hangat yang tulus kepada semua pihak yang berpartisipasi, ini merupakan sebuah terobosan besar dalam program luar angkasa negara,”.

Misi ini sendiri akan berlangsung selama 13 hari. Para astronot akan melakukan proses docking manual dengan Tiangong 1 di orbit pada kecepatan tinggi. Sebelumnya proses docking yang sama pernah dilakukan. Bedanya hal tersebut dilakukan secara jarak jauh dari Bumi. “Hal ini untuk menguji kemampuan astronot dalam menilai posisi, koordinasi, dan psikologi,” ucap Jing Haipeng kepada wartawan sesaat sebelum peluncuran.

Ditambahkan oleh Jing Haipeng bahwa dirinya dan kedua rekannya telah dilatih sebanyak 1.500 kali untuk melakukan prosedur docking ini untuk memastikan tidak akan terjadi kesalahan.

China akan membangun stasiun luar angkasa besar sendiri pada tahun 2020 mendatang dan ini merupakan suatu langkah besar untuk mencapainya. Berikut ini videonya
http://c.brightcove.com/services/viewer/federated_f9?isVid=1
(Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s