Ukuran Asteroid 2012 LZ1 Dua Kali Lebih Besar dari yang Diperkirakan

Foto asteroid 2012 LZ1 yang diambil oleh teleskop Haleakala-Faulkes pada 13 Juni 2012. Image credit: Nick Howes, Ernesto Guido & Giovanni Sostero

Asteroid 2012 LZ1 yang baru-baru ini melintas dekat Bumi diketahui memiliki ukuran yang dua kali lebih besar dari yang diperkirakan. Asteroid 2012 LZ1 ditemukan oleh Rob McNaught di Siding Spring Observatory di Australia. Awalnya ukuran asteroid ini diperkirakan 502 meterr, namun dengan menggunakan sistem radar keplanetan, diketahui ukuran dari asteroid tersebut sekitar 1 km. Dengan memperhatikan ukuran asteroid tersebut, ilmuwan dapat memperkirakan apa yang akan terjadi jika asteroid itu sampai menghantam Bumi.

“Objek ini lebih besar dari yang diperkirakan, ungkap Dr. Ellen Howell dari Arecibo, “Penting untuk mengetahui bagaimana sistem radar bekerja, sebab kita masih harus mencari tahu berapa banyak populasi asteroid yang kemungkinan melintasi Bumi”, tambahnya seperti yang dikutip astronomi.us dari universetoday.com, Jumat (22/06/2012).

Asteroid 2012 LZ1 akan melintas lagi dekat Bumi pada 12 Juni 2053 setelah itu akan menjauh dan tidak menjadi ancaman lagi bagi Bumi, setidaknya untuk 750 tahun ke depan. Hal itu didapat dengan menggunakan sistem radar keplanetan yang sensitif yang memantau segala hal tentang asteroid tersebut. Asteroid 2012 LZ1 diketahui memiliki permukaan yang sangat gelap dan hanya memantulkan 2-4% cahaya dari yang diterimanya. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s