Kapsul Shenzhou 9 China Sukses Kembali ke Bumi

Kapsul Shenzhou 9 berhasil mendarat dengan selamat di Bumi pada hari Jum’at 29 Juni 2012. Image credit: space.com

Kapsul Shenzhou 9 yang mengangkut 3 astronot China termasuk di dalamnya astronot wanita pertama China, Liu Yang berhasil kembali ke Bumi pada hari Jum’at 29 Juni 2012 pukul 10:00 a.m waktu Beijing. Ketiga astronot kembali ke Bumi setelah sukses menjalankan serangkaian misi dan eksperimen di luar angkasa selama 13 hari.

Dikutip astronomi.us dari space.com, Jum’at (29/06/2012), Pendaratan kapsul Shenzhou 9 diliput secara live oleh stasiun televisi CCTV yang menunjukkan kapsul tersebut memasuki atmosfer Bumi menyerupai meteor, kemudian mengeluarkan parasut untuk mendarat.

Misi ketiga astronot sukses dengan berhasil melakukan proses docking manual dengan laboratorium luar angkasa China Tiangong 1. Hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan China membuat stasiun luar angkasa sendiri pada tahun 2020.

China tidak bergabung dengan negara-negara yang menggunakan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Namun China memiliki proyek ambisius membuat stasiun luar angkasanya sendiri pada tahun 2020 nanti. Selain itu China juga berencana mengambil sampel Bulan dengan robot dan mendaratkan manusia di sana.

Misi Shenzhou 9 sendiri telah berlangsung beberapa kali yaitu pada tahun 2003, 2005, 2008, dan yang terbaru 2012 ini. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s