Kawah Odysseus Tethys yang Mempesona

Bulan Saturnus, Tethys. Image credit: NASA/JPL/Space Science Institute

Pada 28 Juni lalu, wahana antariksa Cassini melintasi Tethys, Salah satu bulan Saturnus. Cassini melintas Tethys pada jarak sekitar 1.062 km (662 mil). Hampir seluruh permukaan dari Tethys tertutup dengan es. Pada permukaan Tethys, ada salah satu kawah yang memiliki ukuran yang sangat besar yang disebut dengan kawah Odysseus yang berdiameter 450 km (280 mil) di belahan utara Tethys. Kawah ini sendiri mengambil dua perlima dari luas Tethys.

Dikutip astronomi.us dari universetoday.com, Sabtu (07/07/2012), Kemungkinan kawah Odysseus terbentuk saat sebagian permukaan Tethys masih dalam kondisi cair. Hal itu dapat meredam efek dari tumbukan asteroid. Jika asteroid tersebut menabrak Tethys saat planet tersebut telah membeku, maka bulan Saturnus tersebut akan pecah menjadi bagian-bagian kecil akibat hebatnya dampak tumbukan asteroid. Gambar di bawah adalah gambar terbaru Cassini yang mengambil gambar kawah Odysseus Tethys pada jarak 68.5 km (42.5 mil).

Terlihat pada gambar terlihat adanya jejak tumbukan. Hal itu menunjukkan bahwa beberapa bagian Bulan saat itu sudah mengeras dan tidak sepenuhnya masih cair.

Permukaan Tethys. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA/JPL/Space Science Institute