Pusaran Kabut Gas di Titan Tandai Perubahan Musim

Pusaran kabut di Titan (dalam warna yang sebenarnya). Diketahui pusaran gas ini memiliki kandungan aerosol dalam jumlah banyak di dalamnya. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Cassini kembali mengirimkan gambar menakjubkan dari satelit Saturnus, Titan. Cassini berhasil menggambil gambar penampakan kabut dengan konsentrasi yang tinggi yang membentuk pusaran di kutub selatan Titan. Kabut itu merupakan tanda bahwa di Titan akan terjadi pergantian musim. “Struktur pusaran ini menyerupai pusaran yang terjadi di atas lautan Bumi,” kata Tony Del Genio, anggota tim Cassini dari NASA’s Goddard Institute for Space Studies, seperti yang dikutip astronomi.us dari spacedaily.com, Kamis (12/07/2012).

“Namun tidak seperti di Bumi, pusaran ini berada di ketinggian yang sangat tinggi, dimungkinkan ini merupakan respon dari stratosfer Titan untuk memasuki musim dingin di daerah selatan. Namun kami tidak begitu yankin akan hal itu,” tambah Tony.

Cassini pertama kali mengambil gambar pusaran kabut di Titan saat wahana Cassini pertama kali tiba di sistem Saturnus pada tahun 2004. Saat itu pusaran gas tersebut tampak berputar-putar di atmosfer Titan dan di bagian utara Titan sedang memasuki musim dingin. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s