Astronom Temukan Bulan Kelima Pluto

Bulan kelima Pluto ditandai dengan P5 pada gambar di atas. Gambar diambil oleh teleskop Hubble. Image credit: NASA; ESA; M. Showalter, SETI Institute

Sebuah tim yang terdiri dari beberapa astronom dengan menggunakan teleskop Hubble NASA berhasil menemukan bulan lain yang mengelilingi Pluto. Diperkirakan keliling bulan baru tersebut sekitar 6-15 mil (9,6-24 km). Bulan yang diyakini sebagai bulan ke-5 Pluto yang diberi nama S/2012 (134340) 1 dan ditandai dengan P5 pada gambar, mengorbit Pluto pada jarak 58 ribu mil (93.341.952 km) dan mungkin memiliki hubungan dengan satelit alam lainnya pada sistem ini.

Tim peneliti Pluto semakin penasaran dengan hal ini. Bagaimana sebuah objek kecil luar angkasa seperti Pluto dapat memiliki satelit yang begitu banyak. Penemuan baru ini memberi petunjuk untuk mengungkap bagaimana sistem Pluto terbentuk dan berevolusi. Teori yang banyak diyakini saat ini yaitu bahwa semua bulan yang mengorbit Pluto merupakan hasil tabrakan antara Pluto dengan objek di Sabuk Kuiper miliaran tahun lalu.

Dikutip astronomi.us dari spacedaily.com, Jum’at (13/07/2012), Penemuan bulan Pluto ini juga akan membantu para ilmuwan mengarahkan wahana luar angkasa NASA’s New Horizons untuk pergi ke sistem Pluto pada tahun 2015. NASA’s New Horizons yang akan bergerak dengan kecepatan 30 ribu mil perjam tersebut jika tidak diberikan arah navigasi yang tepat maka bisa jadi akan bertabrakan dengan objek antariksa lain. Objek sebesar hp di luar angkasa akan dapat menciptakan bahaya bagi wahana tersebut.

Bulan terbesar Pluto, Charon, ditemukan pada tahun 1978 melalui pengamatan yang dilakukan oleh United States Naval Observatory di Washington. Teleskop Hubble pada tahun 2006 menemukan dua bulan kecil Pluto, Nix dan Hydra, dan pada tahun 2011 Teleskop Hubble kembali menemukan bulan Pluto lainnya, P4.

Untuk pengamatan pada masa depan, astronom akan menggunakan teleskop James Webb Space Telescope (pengganti teleskop Hubble). Teleskop ini mampu mengukur struktur kimia permukaan Pluto, bulannya dan objek lain di Sabuk Kuiper. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s