Dr. Sally Ride, Astronot Wanita Pertama di Dunia Meninggal Dunia

Dr. Sally Ride, astronot wanita pertama di dunia. Image credit: NASA

Dr. Sally Ride, astronot wanita pertama di dunia, menghembuskan nafas terakhirnya pada 23 Juli 2012 pada usia 61 tahun. Dr. Sally meninggal setelah berjuang melawan kanker pankreas yang dideritanya selama 17 bulan. Dr. Sally berhasil mencetak sejarah dengan menjadi wanita pertama yang pergi ke luar angkasa.

Dr. Sally pertama kali bergabung dengan NASA pada tahun 1978. Pada tahun 1983, Dr. Sally Ride terbang ke luar angkasa pada usia 32 tahun dengan menggunakan pesawat ulang alik Challenger. Ia kembali pergi ke luar angkasa dengan Challenger pada tahun 1984. Setelah pensiun sebagai astronot, Dr. Sally aktif sebagai presiden dan CEO dari Sally Ride Science, perusahaan berbasis pendidikan sains yang membuat serangkaian program pembelajaran untuk para siswa sekolah mengengah dan guru dengan fokus kepada siswa perempuan. Dr. Sally juga menjalani aktifitas sebagai profesor fisika di University of California. Ia menerima gelar B.S dalam bidang fisika, B.A dalam bidang bahasa Inggris, dan M.S dan PhD dalam bidang fisika dari Stanford University.

“Sally Ride mampu memecahkan hambatan dengan sikap profesionalisme. Ia benar-benar mengubah wajah program luar angkasa Amerika. Bangsa ini kehilangan slaah satu yang terbaik, guru dan sekaligus penjelajah. Pikiran dan doa kami untuk Sally dan keluarga dimana kami banyak mendapat inspirasi darinya. Dia telah hilang, namun bintangnya akan selalu bersinar.” ucap Charles Bolden, NASA Administrator.

Rekor Dr. Sally sebagai perempuan pertama yang ke luar angkasa pernah disangkal oleh Rusia. Menurut Rusia jauh sebelum itu, pada tahun 1963 ada astronot wanita bernama Valentina Tareshkova berhasil ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ulang alik Vostok 6 milik Uni Sovyet. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s