Badai Matahari Ganggu Pengiriman Data dari Mars Express

Wahana Mars Express. Image credit: NASA

Pada tahun 2005 lalu, pengiriman data dari wahana NASA yang mengorbit Mars sempat mengalami gangguan dan kini ilmuwan telah mengetahui penyebab terjadinya gangguan itu. Sebelumnya pada tahun 2005, Mars Express mengirim data stratigrafi dari daerah di atas kerak Mars, namun tiba-tiba terjadi gangguan saat pengiriman. Menurut ilmuwan hal itu disebabkan oleh aktivitas Matahari.

Para peneliti di Boston University mengatakan bahwa badai Matahari memancarkan partikel yang sangat tinggi sehingga mengganggu sinyal radio pada ketinggian tertentu di atas atmosfer Mars.

Dengan menganalisa ion dan kepadatan elektron di berbagai ketinggian atmosfer Mars, peneliti menemukan jumlah energi proton yang sangat tinggi yang berasal dari Matahari dan menyerang atom netral di atmosfer Mars sehingga membebaskan elektron dan ion positif. Jika elektron dan ion cukup banyak terbentuk di atmosfer, maka bisa mengganggu gelombang radio. Hal itulah yang terjadi pada Mars Express.

Penelitian tersebut membantu para ilmuwan untuk lebih memahami dan mempredisksi efek dari proton bermuatan tinggi di atmosfer Mars. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s