Beberapa Sistem Bintang Biner Bersifat Seperti "Vampir"

Ilustrasi dua bintang yang saling mengorbit. Image credit: ESO/L. Calçada/S.E. de Mink

Sejumlah bintang-bintang masiv di alam semesta yang merupakan sistem bintang biner dimana dua bintang saling mengorbit satu sama lain, ternyata memiliki hubungan yang tidak harmonis. Satu bintang biasanya akan memiliki sifat seperti “Vampir” untuk menghisap gas dari bintang pasangannya. Dari situ bisa terbentuk satu bintang tunggal.

Dikutip astronomi.us dari space.com, Jum’at (27/07/2012), Para astronom menggunakan European Southern Observatory’s Very Large Telescope di Chile mempelajari bintang masiv tipe-O yang sangat panas dan sangat terang. Bintang ini suhu permukaannya bisa mencapai 30 ribu derajat Celcius, hidupnya singkat, tinggal di lingkungan dan keadaan yang keras tapi bintang tersebut merupakan kunci dari evolusi galaksi.

Peneliti menemukan lebih dari 70 persen bintang masiv memiliki bintang sahabat di dekatnya, membentuk sistem biner berupa dua bintang sang saling mengorbit.

“Astronom terkejut ketika menemukan bahwa pasangan-pasangan bintang ini memiliki hubungan yang tidak harmonis diantara mereka,” ungkap Selma de Mink, penulis dari Space Telescope Science Institute di Baltimore. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s