Teleskop di Canberra Jadi Penerima Sinyal Pertama Pendaratan Curiosity

Ilustrasi Curiosity sampai dan mendarat di Mars. Image credit: NASA

The Canberra Deep Space Communication Complex (CDSCC) akan menjadi tempat utama untuk memonitor proses pendaratan Curiosity di Mars. Antena teleskop berukuran 70 m dan 34 m tersebut akan menerima sinyal dari Curiosity untuk kemudian diteruskan ke wahana luar angkasa NASA, Mars Odyssey yang mengorbit di sekitar Mars.

Teleskop 70 m di CDSCC Canberra. Image credit: CDSCC

Teleskop 64 m akan berfungsi sebagai cadangan jika ada masalah dalam penerimaan sinyal. Dua menit sebelum pendaratan, teleskop tersebut akan berhenti menerima sinyal.

Dikutip astronomi.us dari universetoday.com, Jum’at (03/08/2012), Sinyal dari stasiun di Canberra akan dikirimkan langsung ke ilmuwan NASA di Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California untuk kemudian dianalisa.

Proses mendaratnya Curiosity tidak akan dikendalikan dari Bumi, sebab akan terjadi keterlambatan penerimaan sinyal (lag) sekitar 13,8 menit. Hal itu membuatnya tidak bisa dilakukan.

Stasiun Canberra mendapatkan data awal dari MSL saat peluncuran Curiosity sehingga fasilitas tersebut menjadi bagian yang terintegrasi dan membimbing Curiosity dalam perjalan menuju Mars.

Kesempatan terakhir untuk memberi perintah pada wahana pembawa Curiosity adalah 2 jam sebelum memasuki atmosfer Mars. MSL Spacecraft sebagai pembawa Curiosity, akan meluncur dengan kecepatan 20 ribu km per jam. Kemudian dalam 7 menit kecepatannya harus mendekati nol. Tahapan pendaratan Curiosity sendiri dimulai dari powered descent, sky crane rover separation, first contact sampai dengan touchdown. Selama hal itu berlangsung, semua ilmuwan hanya bisa menunggu dan mereka menyebut hal itu sebagai “Seven Minutes of Terror”.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses pendaratan Curiosity, diantaranya angin Mars, dan tekanan pada pesawat sesaat sebelum mendarat. Sinyal pertama pendaratan bisa diterima oleh ilmuwan di Bumi pada 6 Agustus pukul 05:31 UTC atau 5 Agustus pukul 01:31 a.m EDT. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s