NASA Umumkan Perusahaan Pemenang Kontrak Penerbangan Luar Angkasa

Dreamchaser buatan Sierra Nevada.
 Image credit: universetoday.com

NASA akhirnya mengumumkan nama-nama perusahaan yang berhasil memenangkan kontrak dengan mereka untuk misi membawa astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai pengganti tugas pesawat ulang alik yang telah dipensiunkan sebelumnya. Ketiga perusahaan tersebut yaitu Space Exploration Technologies (SpaceX), Boeing, dan Sierra Nevada. Masing -masing memenangkan kontrak sebesar $440 miliar, $460 miliar, dan $212.5 miliar. NASA mengatakan bahwa perusahaan pemenang kontrak akan membawa astronot ke ISS pada 5 tahun ke depan. Hal itu langsung ditanggapi oleh perusahaan-perusahaan tersebut bahwa mereka bisa melakukan lebih cepat asal ada dukungan pendanaan yang optimal.

SpaceX optimis penerbangan astronot pertama mereka ke ISS akan bisa dilakukan pada pertengahan 2015. Boeing mengatakan bahwa mereka mampu mengangkut astronot ke ISS pada akhir 2012, sedangkan Sierra Nevada mengatakan mereka baru bisa melakukan itu pada tahun 2016 atau 2017.

Perusahaan SpaceX dan Boeing sama-sama menggunakan wahana dengan desain kapsul / modul untuk mengangkut astronot. SpaceX menggunakan kapsul Dragon dan Boeing menggunakan kapsul CST-100. Hal yang berbeda dilakukan oleh Sierra Nevada yaitu dengan menggunakan wahana mirip pesawat ulang alik mini yang disebut Dream Chaser untuk membawa astronot ke ISS. SpaceX menggunakan roket mereka sendiri, Falcon. Sedangkan Boeing dan Sierra Nevada menggunakan roket Atlas V untuk meluncur. (UT, Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s