Dalam Beberapa Jam Curiosity Akan Mendarat di Mars

 Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars dengan diturunkan menggunakan crane. Image credit: NASA The Canberra Deep Space Communication Complex (CDSCC)

Setelah lebih kurang 8 1/2 bulan waktu yang dibutuhkan oleh Curiosity untuk melakukan perjalanan menuju ke Mars, kendaraan penjelajah Mars (Mars rover) Curiosity sudah hampir mencapai garis akhir dan hampir sampai di planet Mars.

Kendaraan seberat 1 ton tersebut akan mendarat pada 6 Agustus 2012 sekitar pukul 12.00 WIB esok dan saat ini semua para pemerhati astronomi dibuat tegang olehnya, apakah Curiosity akan berhasil mendarat di Mars ataukah tidak.

Curiosity Mars Science Laboratory (MSL) akan masuk ke atmosfer Mars pada kecepatan sekitar 21 ribu km per jam, kemudian parasut akan terbuka untuk memperlambat kecepatannya menjadi 320 km per jam. Selain parasut, roket juga akan memperlambat kecepatannya hingga menjadi 3.2 km per jam. Kemudian Curiosity akan diturunkan dengan menggunakan crane. Seluruh tahap pendaratan berlangsung kurang lebih selama 7 menit, sehingga insinyur NASA menjulukinya “Seven minutes of terror” (Teror tujuh menit).

Menurunkan wahana antariksa dengan crane baru kali ini dilakukan dan ini sangat beresiko. Namun ilmuwan NASA beranggapan cara inilah yang paling baik. Dua wahana antariksa yang berada di orbit Mars, Mars Odyssey probe dan Mars Reconnaissance Orbiter akan menjadi saksi dari pendaratan Curiosity sebab akan langsung mengirimkan sinyal ke NASA begitu konfirmasi pendaratan diterima.

Curiosity dikirim ke Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan khususnya keberadaan mikrobakterial di planet tersebut. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s