Roket Rusia Gagal Tempatkan Satelit Indonesia di Orbit

Peluncuran roket Proton-M. Image credit: regmedia.co.uk

Roket Rusia Proton-M/Briz-M gagal mengantarkan satelit milik Indonesia, Telkom 3 dan satelit Rusia Express-MD2 ke Orbit dengan tepat setelah mengalami masalah pada timing ledakan roketnya yang menyebabkan terjadinya ketidak akuratan penempatan posisi satelit di orbit.

Seperti dikutip astronomi.us dari space-travel.com, Rabu (08/08/2012), Roket Proton-M menjalankan 8 tahap peluncuran. Roket sendiri awalnya berhasil meluncur dari Baikonur, Kazakhstan dengan baik. Sampai tahap ke-3 roket tersebut berhasil melintasi bagian timur Samudera Pasifik, Selatan Jepang dan kemudian sampai disitu kendali peluncuran di pegang oleh Briz-M. Awalnya juga berjalan baik, namun pada tahap berikutnya roket tersebut mati akibat kesalahan pada program peluncuran. Akibatnya posisi satelit bergeser dari orbit yang seharusnya.

Untungnya komputer Briz-M masih berfungsi dan nantinya satelit Telkom 3 dan Express-MD 2 ditempatkan di orbitnya masing-masing menggunakan prosedur darurat pada 7 Agustus 2012 lalu. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s