Copenhagen Suborbitals Luncurkan Kapsul Beautiful Betty

Peluncuran kapsul Beautiful Betty dari kapal Randy oleh Copenhagen Suborbitals. Image credit: Thomas Pedersen/Copenhagen Suborbitals
Roket Launch Escape System (LES) berhasil meluncur. Image credit: Thomas Pedersen/Copenhagen Suborbitals

Sebuah organisasi nirlaba Denmark, Copenhagen Suborbitals pada hari Minggu (12/08/2012) lalu melakukan peluncuran kapsul luar angkasa buatan mereka. Kapsul yang diberi nama “Beautiful Betty” tersebut diluncurkan melalui sebuah kapal bernama Randy di lepas laut Baltik. Beautiful Betty di luncurkan dengan menggunakan roket Launch Escape System (LES).

Launch Escape System (LES) sebagai roket pembawa kapsul meluncur sedikit tak terkendali sehingga berputar dan menyebabkan kapsul Beautiful Betty jatuh pada ketinggian yang terlalu rendah. Hal itu menyebabkan parasut kapsul Beautiful Betty tidak membuka dengan sempurna sehingga kapsul tersebut jatuh dengan “keras” ke laut dan salah satu bagiannya penyok.

Diungkapkan oleh salah satu anggota tim dari Copenhagen Suborbitals yang dipimpin oleh Kristian von Bengtson dan Peter Madsen, mereka cukup senang dengan peluncuran tersebut.

“Hari ini semua sistem bekerja, sistem menempatkan Beautiful Betty pada ketinggian yang terlalu rendah sehingga parasut tidak membuka sepenuhnya. tapi kami senang,” tulis anggota Copenhagen Suborbitals di facebook mereka sesaat setelah peluncuran seperti yang dikutip astronomi.us dari space.com, Sabtu (18/08/2012).

Tujuan dari Copenhagen Suborbitals adalah menciptakan sebuah sistem peluncuran luar angkasa dengan biaya murah. Copenhagen Suborbitals didanai oleh sumbangan orang perorang dan biaya dari berbagai sponsor. Copenhagen Suborbitals telah melaksanakan serangkaian riset dan uji coba sejak tahun 2008. Ini sekaligus menandai momen bahwa perusahaan antariksa swasta semakin antusias untuk ikut meramaikan dunia teknologi antariksa (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s