NASA Gunakan SmartPhone Android untuk Buat Satelit

Smartphone HTC Nexus One yang dirubah menjadi satelit oleh NASA. Image credit: amazonaws.com

NASA dalam sebuah kesempatan mengatakan bahwa mereka saat ini tengah membuat satelit dari smartphone. Menurut NASA hal itu membuat biaya pembuatan satelit menjadi lebih murah dan mudah. Peneliti NASA di NASA’s Ames Research Center di Moffett Field, California sedang membuat tiga satelit dari smartphone. yang masih-masing berukuran 4 inci (10.16 cm) dan berat kurang dari 4 pound (1.8 kg), ungkap NASA dalam website resminya.

Salah satu merk smartphone yang digunakan dalam pembuatan satelit adalah HTC Nexus One yang berjalan dalam OS Android. Satu satelit yang dibuat dengan smartphone ini biaya hanya sekitar 3.500 dollar Amerika, kata NASA. Nexus One akan bekerja sebagai “komputer” onboard pada satelit dan sensor smartphone digunakan untuk menentukan orientasi pesawat luar angkasa sehingga kamera pada smartphone tersebut bisa digunakan untuk pengamatan Bumi untuk kemudian mengirimkan hasil pengamatannya ke Bumi.

Dikutip astronomi.us dari spacedaily.com, Senin (03/09/2012), Misi yang disebut dengan PhoneSat ini dimaksudkan untuk mencoba apakah penggunaan teknologi komersial dapat digunakan pada teknologi luar angkasa sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan, kata NASA. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s