Berdekatan Tidak Ada Interaksi, Astronom Selidiki Pasangan Galaksi Arp 116

Pasangan galaksi Arp 116. Galaksi Messier 60 (terang) dan galaksi NGC 4647 (spiral). Image credit: NASA, ESA

Gambar di atas adalah gambar dua galaksi yang berbeda yaitu Messier 60 (terang) dan galaksi NGC 4647 (spiral). Kedua galaksi tersebut sama-sama berada di cluster galaksi Virgo. Kedua galaksi itu berada pada jarak yang saling berdekatan sehingga bisa terlihat dua galaksi sekaligus dalam foto yang diambil oleh teleskop Hubble.

Saat ini astronom sedang mempelajari kedua galaksi itu apakah ada interaksi antara keduanya. Biasanya jarak yang terlalu dekat akan menyebabkan awan gas di sekitarnya terganggu akibat interaksi gravitasi dan membentuk bintang baru. Namun saat ini astronom belum melihat hal tersebut. Keduanya sangat berbeda baik dari segi bentuk mapun tingkat kecerahan cahaya. Galaksi Messier 60 berbentuk elips dan lebih terang sedangkan galaksi NGC 4647 berbentuk spiral dan cahayanya normal tidak terlalu terang. Astronom menamakan kedua galaksi ini sebagai pasangan Arp 116.

Galaksi Messier 60 ditemukan oleh tiga orang yang berbeda yaitu Johann Gottfried Koehler, Barnabus Oriani, dan Charles Messier. Galaksi ini tercatat dalam katalog Messier. (SD, Adi Saputro/ astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s