Opportunity Temukan Formasi Benjolan Aneh Pada Batuan Mars

Formasi batuan aneh yang ditemukan Opportunity di Mars. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA/JPL-Caltech/Cornell Univ./ USGS/Modesto Junior College

Para ilmuwan dibuat terpana oleh foto yang diambil oleh robot penjelajah Mars NASA Opportunity. Robot tersebut mengambil gambar formasi batuan mars yang memiliki pola aneh berupa benjolan yang disebut dengan Kirkwood. Ilmuwan belum tahu apa dan bagaimana benjolan tersebut terbentuk.

Sepintas benjolan tersebut mirip dengan apa yang disebut dengan “Blueberry” Mars yang kaya dengan zat besi yang juga ditemukan oleh Opportunity pada 2004 lalu.

“Ini adalah gambar yang luar biasa dari seluruh misi Opportunity,” kata Steve Squyres dari Cornell University selaku rover mission principal investigator. “Kirkwood dipenuhi oleh akumulasi benda-benda bulat kecil padat .Tentu saja, kami segera memikirkan blueberry,. Tapi ini adalah sesuatu yang berbeda. Kami tidak pernah melihat akumulasi bulatan padat pada batuan di Mars.” tambahnya.

Foto tersebut merupakan mosaik dari empat gambar yang diambil oleh Opportunity yang diambil dengan kamera mikroskopik pada lengan robot kemudian dirangkai seperti puzzle. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)