Curiosity Temukan Batuan yang Buktikan Air Pernah Ada di Mars

Perbandingan fitur batuan di Mars (kiri) dan di Bumi (kanan). Bentuk dari fitur batuan sangat mirip yaitu terdiri dari batuan kerikil yang menyatu ke dalam batu konglomerat serta bentuk kerikil dan batu yang lonjong dan bulat membuktikan bahwa batu tersebut dibentuk oleh air. Image credit: NASA/JPL/Caltech

Robot penjelajah Mars NASA, Curiosity menemukan bukti mengejutkan bahwa air memang benar-benar pernah ada di Mars. Bukti itu berupa batuan / kerikil yang menempel pada batuan konglomerat sebagai hasil dari aliran air. Kerikil tersebut diperkirakan terbawa oleh aliran air dengan kecepatan sekitar 1 meter per detik dengan kedalaman bervariasi mulai dari se mata kaki sampai se pinggang orang dewasa.

Pada fitur batuan yang ditemukan tersebut, tampak kerikil menempel pada batuan konglomerat mirip seperti yang terjadi di Bumi. Bentuk batu tersebut memberi petunjuk tentang kecepatan dan jarak aliran air yang pernah melalui batuan ini.

“Dari bentuk kita bisa mengetahui bahwa kerikil tersebut tidak dibawa oleh angin. Mereka di bawa oleh aliran air,” kata ilmuwan penyelidik Curiosity Rebecca Williams dari Planetary Science Institute.

Situs tempat Curiosity menemukan bukti aliran air tersebut terletak di sebelah itara dari tepi kawah Gale dan di bawah Gunung Aeolis Mons atau Mount Sharp. Sebelah utara kawah terdapat sebuah saluran bernama Peace Vallis yang mengalir ke saluran-saluran yang lebih kecil. Banyaknya saluran dan bentuk bulat pada sebagian batu menunjukkan bahwa aliran air terjadi dalam waktu yang cukup lama dimasa lalu. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)