Lima Satelit Mini "CubeSat" Diluncurkan dari ISS

Lima CubeSat dilepaskan dari ISS. Image credit: NASA

CubeSat sudah berada di orbit. Image credit: NASA

CubeSat terlihat dari ISS. Image credit: NASA

Lima satelit mini yang disebut CubeSat diluncurkan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Kamis 4 Oktober 2012 lalu. Satelit mini berukuran 10 cm tersebut digunakan untuk berbagai macam misi mulai dari observasi Bumi, fotografi, dan demonstrasi teknologi dengan mengirimkan LED pulse berupa kode Morse (yang bisa terlihat dari Bumi) untuk menguji sistem komunikasi optik.

Satelit yang dibuat dengan biaya murah tersebut bisa menjadi terobosan dimasa depan dan memungkinkan perusahaan swasta maupun perorangan untuk mengirimkan peralatan atau instrumen ke luar angkasa. Satelit mini tersebut tidak akan mengotori luar angkasa dan menambah sampah di sana sebab bobotnya sangat ringan dan berada pada orbit rendah dan bisa hancur dalam beberapa bulan.

Satelit CubeSat dibawa oleh kapsul HTV Jepang pada bulan Juli lalu. FITSAT-1 akan mengirimkan sinyal ke Bumi melalui kode Morse yang dikirim dari CubeSat berupa kedipan cahaya. Pengamat di Bumi dengan menggunakan teropong akan bisa melihat kedipan / kilatan cahaya dari CubeSat dengan pesan yang berbunyi “Hi this is Niwaka Japan”. Niwaka adalah nama lain dari CubeSat.

Satelit CubeSat lain termasuk ASA’s TechEdSat yang dilengkapi pemancar radio ham saat ini sedang dikembangkan oleh mahasiswa dari San Jose State University (SJSU) di California dengan arahan dan dukungan dari staf NASA’s Ames Research Center. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s