Obyek Aneh di Mars Bukan Metal Tapi Plastik

Identifikasi obyek setelah dilakukan perbesaran beberapa kali terlihat menyerupai plastik. Image credit: NASA/JPL -Caltech. Anaglyph processing courtesy 2di7 & titanio44 on Flickr

Foto obyek diperbesar lagi. Image credit: NASA/JPL-Caltech. Image processing courtesy 2di7 & titanio44 on Flickr

Kemarin kami sempat membuat artikel tentang foto adanya benda aneh di pasir mars pada foto yang diambil Curiosity. Tim dari MSL dan JPL saat ini sedang meniliti apakah sebenarnya benda tersebut. Dari penelitian awal, mereka menyimpulkan bahwa tampaknya obyek terang dan mengkilap tersebut adalah sesuatu yang jatuh dari Curiosity dan bukan materi Mars. Benda tersebut nampak seperti “plastik”. Namun masih belum jelas identifikasi tentang benda tersebut.

Benda tersebut awalnya diduga metal atau logam. Namun setelah dilakukan perbesaran pada foto, plastik perekat atau isolasi merupakan hal yang lebih masuk akal. Kemungkinan NASA akan mengggunakan kamera Curiosity untuk memotret robot itu sendiri secara keseluruhan untuk meneliti apakah ada bagian yang longgar, lepas dan sebagainya. Hal itu sangat penting untuk keberlanjutan misi berikutnya. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s