Astronom Temukan Planet dengan Empat Bintang

Ilustrasi planet gas PH1 (Tatooine). Image credit: Haven Giguere/Yale

Secara mengejutkan astronom berhasil menemukan dua bintang lagi dari dua bintang biner yang sebelumnya diketahui menjadi bintang dari planet PH1 (Tatooine). pada awalnya ilmuwan mengira planet PH1 tersebut hanya mengorbit dua bintang (hal itu saja sudah membuat astronom terkejut) namun ternyata masih ada dua lagi. Bedanya dua bintang yang baru ditemukan tersebut ternyata mengelilingi dua bintang yang sebelumnya ditemukan.

Planet PH1 sendiri ditemukan oleh sekelompok astronom yang tergabung dalam organisasi Planet Hunters. Planet ini mengandung gas dan berukuran 6,2 kali lebih besar dari Bumi atau sedikit lebih besar dari planet Neptunus. Planet ini mengorbit bintang biner (bintang kembar) nya dalam waktu 138 hari. Bintang induknya masing-masing memiliki massa 1,5 dan 0,41 dari massa Matahari. Bintang-bintang tersebut juga saling mengelilingi dalam waktu 20 hari.

Dua bintang baru yang ditemukan berjarak lebih kurang 1000 AU (1 AU berjarak lebih kurang jarak Bumi dan Matahari 93/150 jt km).

Suhu di planet PH1 sangat panas yaitu sekitar 251-340 derajat Celcius dan tidak mungkin ditinggali. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)