Astronom Temukan Planet Mirip Bumi di Alpha Centauri B

Planet di sekitar Alpha Centauri B. Image credit: ESO

Astronom mengklaim telah menemukan sebuah planet baru yang memiliki massa hampir sama dengan Bumi. Planet tersebut mengorbit sebuah bintang yang berada dalam sistem Alpha Centauri B yang berjarak sekitar 4.3 tahun cahaya dari Bumi. Sebuah jarak yang relatif dekat. Planet yang baru ditemukan ini sekaligus menjadi planet paling ringan yang ditemukan berada di sekitar bintang yang mirip Matahari kita.

“Hasil penemuan ini merupakan sebuah langkah besar untuk menemukan kembaran Bumi yang tidak terlalu jauh dari Matahari,” ucap tim penemu dalam makalah mereka.

“Ini merupakan planet dengan massa mirip Bumi yang ditemukan di sekitar bintang yang mirip Matahari kita. Orbitnya sangat dekat dengan bintangnya dan planet tersebut masih terlalu panas untuk mendukung kehidupan kita,” ungkap Stephane Udry dari Geneva Observatory.

Oleh para astronom, planet ini diberi nama Alpha Centauri Bb, mengorbit bintangnya pada jarak 6 juta km (3.6 juta mil) lebih dekat dari orbit Merkurius mengelilingi Matahari. Periode revolusinya sekitar 3.2 hari. Dikatakan para peneliti, kemungkinan permukaan planet tersebut terdiri dari batuan cair. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)