Roket Soyuz TMA-06M Meluncur Bawa Tiga Astronot ke ISS

Peluncuran roket Soyuz TMA-06M dari Baikonur, Kazakhstan pada 23 Oktober 2012. Image credit: NASA/Bill Ingalls

Roket Soyuz TMA-06M pada hari Selasa 23 Oktober 2012 pukul 10:51 UTC kemarin berhasil meluncur dari Baikonur, Kazakhstan dengan mulus. Roket tersebut mengangkut 3 astronot yang akan bertugas di ISS yaitu Kevin Ford, Oleg Novitskiy, dan Evgeny Tarelkin untuk bergabung dengan astronot lainnya yang sudah lebih dulu berada di sana. Rencananya kapsul yang membawa mereka akan merapat di ISS pada hari Kamis 25 Oktober 2012.

Pada peluncuran ini turut di bawa 32 ikan Medaka untuk mengetahui bagaimana ikan beradaptasi dengan gaya berat mikro. Ikan tersebut nantinya akan dimasukkan kedalam akuarium di ISS yang disebut Aquatic Habitat.

Tiga astronot baru ini akan berada di ISS selama lima bulan hingga Maret 2013. Sedangkan astronot sebelumnya yaitu Williams, Malenchenko, dan Hoshide akan kembali ke Bumi pada 19 november 2012 mendatang.

Dijadwalkan misi ke ISS selanjutnya akan diluncurkan pada 21 Desember dengan menggunakan roket Soyuz TMA-07M yang akan membawa kosmonot Roman Romanenko, astronot Chris Hadfield, dan astronot NASA Tom Marshburn. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s