14 November 2012 Gerhana Matahari Total Bisa Dilihat di Australia

Gerhana Matahari total. Image credit: orbiterchspacenews.blogspot.com

Pada 14 November 2012 nanti fenomena alam yang jarang terjadi yaitu gerhana Matahari total akan terjadi dan masyarakat di pantai timur laut Australia akan berkesempatan untuk mendapatkan “kursi terbaik” untuk melihatnya.

Pada 14 November 2012, tepat satu jam setelah Matahari terbit, Bulan akan melintas tepat di depan Matahari dan bayangan Bulan akan menutupi kota Cairns di Australia selama kurang lebih 2 menit dengan tinggi Matahari hanya 14 derajat di ufuk timur. Ahli gerhana NASA, Fred Espenak dan ilmuwan lainnya akan melihat gerhana ini dan menjadikannya sebagai saat untuk mengungkap salah satu misteri fisika yaitu misteri pemanasan korona atau mystery of coronal heating. Dalam bahasa yang sederhana mereka ingin mengetahui mengapa atmosfer luar Matahari yang disebut korona begitu panas. Suhu permukaan Matahari hanya 6000 derajat Celcius sedangkan suhu korona mencapai satu juta derajat Celcius bahkan lebih. Nah inilah yang menjadi misteri.

Tiga wahana NASA yakni SOHO dan dua pengorbit STEREO saat ini digunakan untuk memantau dan mempelajari korona Matahari.

Setelah gerhana Matahari total berakhir, bayangan Bulan akan terus melintasi selatan samudera Pasifik. (UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s