Astronom Simpulkan Planet Makemake Tidak Punya Atmosfer

Ilustrasi permukaan planet Makemake. Image credit: ESO/L. Calçada/Nick Risinger

Sebuah planet kerdil (dwarf planet) yang bernama planet Makemake, mengundang rasa penasaran para astronom untuk menyelidiki apakah di planet kerdil tersebut terdapat atmosfer atau tidak. Planet Makemake merupakan planet kerdil yang ukurannya dua pertiga dari ukuran Pluto yang juga mengorbit Matahari dan letaknya jauh dibelakang Pluto sekitar 19 AU (2.84235954 × 109 kilometer). Walau begitu planet Makemake masih lebih dekat dengan Matahari jika dibandingkan dengan Eris.

Selama ini astronom beranggapan bahwa planet Makemake mungkin mirip dengan Pluto yang memiliki atmosfer tipis di atasnya. Namun tampaknya hasil penelitian terbaru para astronom menunjukkan hasil yang berbeda.

Tim yang terdiri dari sekumpulan astronom yang dipimpin oleh Jose Luis Ortiz dari Instituto de Astrofisica de Andalucia, CSIC, Spanyol, menggabungkan beberapa hasil pengamatan dari tiga teleskop ESI di La Silla dan Paranal Observatory di Chile, Very large Telescope (VLT), New Technology Telescope (NTT), TRAPPIST (TRAnsiting Planets and PlanetesImals Small Telescope) dan teleskop kecil lainnya di Amerika Selatan untuk melihat planet makemake saat melintas di depan sebuah bintang yang jauh.

“Planet Makemake melintas di depan sebuah bintang yang jauh kemudian menutup dan menghalangi cahaya bintang tersebut. Bintang menghilang dan kemudian cahaya langsung muncul lagi dengan tiba-tiba dan bukan pudar kemudian cerah secara bertahap saat planet Makemake selesai melintas, hal itu menunjukkan bahwa planet tersebut tidak memiliki atmosfer yang signifikan,” ungkap Ortiz.

Okultasi di mana sebuah planet hadir di depan sebuah bintang bagi planet Makemake sangat jarang terjadi sebab Planet tersebut bergerak di bagian langit yang hanya terdapat sedikit bintang. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s