MESSENGER Selidiki Cekungan di Kawah Eminescu Merkurius

Foto cekungan pada kawah Eminescu di planet Merkurius yang diambil oleh MESSENGER. Image credit: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution of Washington

Foto terbaru yang dikirmkan oleh wahana NASA pengorbit planet Merkurius, MESSENGER, menunjukkan adanya cekungan atau rongga pada bagian dalam kawah Eminescu yang termasuk ke dalam kawah muda berdiameter 130 km (80 mil). Kawah Eminescu berada di sebelah Utara khatulistiwa Merkurius. Hal aneh lainnya juga ditemukan di bibir kawah tersebut.

Cekungan tersebut pertama kali ditemukan pada bulan September 2011 dan ternyata cekungan seperti itu juga banyak ditemukan di banyak tempat di planet Merkurius. Sebelumnya pada beberapa foto, cekungan tersebut mulanya hanya diidentifikasi sebagai sebuah titik terang. Namun saat wahana MESSENGER merubah posisi orbitnya pada Maret 2011 dan pencitraan dengan resolusi tinggi dimulai, ditemukanlah bahwa titik terang tersebut adalah sesuatu hal yang baru dan kemudian diketahui bawahwa itu adalah cekungan. Diperkirakan cekungan tersebut terbentuk oleh angin surya yang menerpa pemukaan planet Merkurius dan menguapkan beberapa mineral kemudian terjadi beberapa ledakan yang membentuk cekungan. (Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s