Indahnya Cincin Raksasa di Sekitar Pusat Galaksi NGC 1097

Foto galaksi NGC 1097 yang diambil oleh teleskop Hubble. Tampak cincin cahaya di sekitar pusat galaksi tersebut. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA

Teleskop Hubble milik NASA berhasil mengambil foto menakjubkan dari galaksi spiral NGC 1097. Uniknya galaksi tersebut memiliki “cincin” yang terbentuk dari bintang-bintang yang sangat terang di dekat pusatnya. Karena saking terangnya cahaya bintang-bintang tersebut, sampai menyebabkan lengan dan struktur galaksi NGC 1097 menjadi tidak begitu terlihat.

Galaksi NGC 1097 terletak sekitar 45 juta tahun cahaya dari Bumi dan memiliki lubang hitam (black hole) supermasif di tengahnya dengan massa 100 juta kali massa Matahari kita dan aktif menghisap apapun yang ada di sekitarnya.

Daerah di sekitar lubang hitam yang bersinar terang merupakan daerah tempat pembentukan bintang-bintang baru. Daerah tersebut menjadi sangat terang karena adanya emisi dari awan hidrogen yang terionisasi. Keliling dari cincin tersebut diperkirakan sekitar 5000 tahun cahaya sedangkan lengan spiral galaksi NGC 1097 mencapai panjang puluhan ribu tahun cahaya.

Galaksi ini merupakan galaksi unik karena memiliki galaksi pendamping di sekitarnya atau biasa dikenal dengan galaksi satelit. Galaksi tersebut adalah NGC 1097A dan NGC 1097B. Galaksi NGC 1097A merupakan galaksi elips yang mengorbit sekitar 42.000 tahun cahaya dari pusat galaksi NGC 1097. (SD, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s