Satelit Pluto P4 dan P5 Diberi Nama Vulcan dan Kerberos

Image credit: NASA, ESA, and M. Showalter (SETI Institute)

Bulan atau satelit kerdil yang sebelumnya telah ditemukan yaitu P4 dan P5 kini secara resmi berganti nama menjadi Vulcan dan Cerberus/ Kerberos. Hal ini secara resmi disampaikan oleh pemimpin tim yang melakukan penelitian terhadap Pluto, Mark Showalter dari SETI kepada kantor berita NBC News.

Nama Vulcan sendiri merupakan nama yang dulu sebenarnya pernah diusulkan untuk disematkan pada planet mini yang terletak diantara Matahari dan Merkurius yang kemungkinan asalnya diambil dari nama planet dalam film Star Trek dan kabarnya aktor senior Star Trek, William Shatner setuju dengan penggunaan nama itu. Sedangkan Cerberus sendiri merupakan nama dari sebuah asteroid oleh karena itu agar tidak terjadi penyalah artian, ejaan untuk Bulan Pluto P5 menjadi Kerberos dan P4 tetap bernama Vulcan.

Vulcan ditemukan pada tahun 2011 dan memiliki keliling 8-21 mil (13-34 km) sedangkan Kerberos ditemukan pada tahun 2012 kemarin dan memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari Vulcan yaitu 6-15 mil (10-25 km). (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s