31 Mei Nanti Asteroid 1998 QE2 Akan Melintasi Bumi

Jalur orbit asteroid 1998 QE2 saat melintasi Bumi. Image credit: NASA/JPL-Caltech

Pada 31 Mei 2013 nanti, asteroid besar 1998 QE2 akan melintasi Bumi. Asteroid tersebut akan melintasi Bumi pada jarak yang sangat aman yakni sekitar 3,6 juta mil atau sekitar 5,8 juta km dan itu setara dengan 15 kali jarak Bumi ke Bulan. Asteroid 1998 QE2 sendiri memiliki ukuran panjang sekitar 1,7 mil (2,7 km) yang berarti 9 kali panjang kapal pesiar Elizabeth 2 yang sangat terkenal. Asteroid ini ditemukan pada 19 Agustus 1998 oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) saat melaksanakan program LINIER (Lincoln Near Earth Asteroid Research) yakni sebuah misi untuk mencari asteroid yang memiliki potensi membahayakan Bumi. Nama asteroid ini diberikan oleh NASA-supported Minor Planet Center yang pemberiannya didasarkan pada tahun dan bulan penemuannya.

Astronom akan mengamati pergerakan asteroid 1998 QE2 melalui teleskop yang berada di observatorium  Arecibo di Puerto Rico dan menggunakan radar NASA di Goldstone, California, Amerika Serikat. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)