Mars Dihantam Asteroid 200 Kali dalam Setahun

Foto kawah baru sebagai hasil dari tabrakan meteor di Mars yang diambil oleh wahana HiRISE NASA. Image credit: NASA/JPL-Caltech/MSSS/UA

Baru-baru ini NASA mengungkapkan bahwa planet Mars ternyata lebih sering dihantam oleh asteroid dan komet dari yang diperkirakan sebelumnya. Planet Mars dihantam oleh asteroid sebanyak 200 kali setiap tahunnya. Rata-rata asteroid yang menghantam planet tersebut berukuran 1-2 meter.

Akibat tumbukan asteroid tersebut banyak bermunculan kawah-kawah baru di Mars. Rata-rata kawah baru tersebut berukuran 3.9 meter. Wahana NASA Mars Reconnaissance Orbiter’s High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) telah menemukan 245 kawah besar baru dalam beberapa tahun terakhir. “Ini sangat menarik sebab kita bisa segera tahu segera setelah kawah terbentuk,” ucap Ingrid Daubar peneliti dari Universitas Arizona. “Ini mengingatkan kita bahwa Mars adalah planet yang aktif dan kita bisa melihat proses yang terjadi hari ini,” tambahnya.

Mars lebih sering dihantam asteroid dikarenakan atmosfer Mars yang lebih tipis dari Bumi. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s